Minggu, 24 Agustus 2014

Hidup Sehat dengan Diabetes

hidup sehat dengan diabetes
Jika Anda telah didiagnosa dengan diabetes, Anda perlu memberikan perhatian khusus terhadap aspek-aspek tertentu dari gaya hidup Anda dan kesehatan. Diabetes tidak harus menghentikan Anda dari kehidupan yang Anda inginkan. Juga tidak berarti Anda akan selalu memiliki masalah kesehatan serius lainnya di masa depan.

Dengan manajemen hidup yang tepat dan sehat, Anda dapat memastikan dan mengontrol kondisi diabetes. Dengan kontrol yang tepat akan membuat Anda untuk tetap sehat, aktif dan menjalani kehidupan yang seperti biasa. Dengan mengabaikan langkah-langkah berikut ini, Anda menempatkan diri pada peningkatan risiko masalah kesehatan serius lainnya.

Ketika Anda didiagnosis menderita diabetes melitus, Anda harus benar-benar mengerti aspek yang paling penting untuk mengelola kondisi Anda. Anda juga mungkin harus belajar untuk memantau glukosa darah (gula) secara teratur, dan untuk memahami bagaimana kenaikan gula darah dapat dipengaruhi oleh makanan dan olahraga.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menjaga tingkat gula darah Anda untuk tetap stabil, Anda mungkin telah diresepkan obat diabetes, atau insulin oleh dokter. Sangat penting untuk menggunakan aspek-aspek pengobatan Anda dengan benar. Belajar untuk mengelola diabetes Anda membutuhkan waktu, kesabaran dan usaha. Anda juga mungkin menghadapi emosi sulit setelah diagnosis, seperti marah, kebingungan atau depresi.

Risiko kesehatan Diabetes

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 menempatkan Anda pada peningkatan risiko:
  • penyakit jantung
  • Stroke
  • masalah sirkulasi darah
  • kerusakan saraf
  •  kebutaan, disebabkan oleh retinopati diabetik
  • kerusakan ginjal
  • kerusakan pada jaringan payudara pada wanita
  • kerusakan ligamen dan sendi

Ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan risiko diatas.
  • Menjaga berat badan yang ideal. Hal ini akan membantu mengontrol kadar glukosa darah Anda, serta tekanan darah dan kolesterol.
  • Makan sehat dan seimbang yang rendah lemak, garam dan gula. Ini bukan berarti Anda tidak boleh makan biskuit atau kue lagi, tetapi cobalah untuk mengkonsumsi makanan manis dan berlemak dalam jumlah secukupnya.
  • Jangan merokok. Jika Anda merokok, cari dukungan untuk membantu Anda berhenti. Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Olahraga selama 30 menit sehari dalam lima kali seminggu. Selain akan membantu berat badan yang ideal juga akan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk mendapatkan kegiatan fisik yang baik Anda tidak harus pergi ke gym: ada banyak cara lain untuk tetap aktif, seperti bermain dengan anak-anak Anda, berkebun, atau aktivitas ringan apapun yang meningkatkan detak jantung Anda.
  • Periksa kaki Anda setiap hari. Kerusakan saraf yang dapat terjadi pada diabetes yang paling umum biasanya mempengaruhi kaki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar